Jumlah Pengunjung

Rabu, 01 Juni 2016

7 kelebihan dan kelemahan dalam metode pendidikan islam


7 KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DALAM METODE PENDIDIKAN ISLAM
 1)     METODE DEMONSTRASI
Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
      1)      Kelebihan Metode Demonstrasi
Ahmadi (1997:166) mengemukakan beberapa kebaikan-kebaikan metode demonstrasi sebagai berikut:
a.    Perhatian murid dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti. Disamping itu perhatian siswapun lebih mudah dipusatkan pada prses mengajara dan belajar dan tidak kepada yang lainnya.
b.    Dapat mengurangi kesalahan-kealahan bila dibandingkan dengan hanya membaca tau mendengarkan, karena murid mendapatkan gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya.
c.    Karena gerakan dan proses dipertunjukkan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak.
d.    Beberapa persoalan yang menimbulkan pertanyaan atau keraguan dapat diperjelas waktu proses demonstrasi. Syaifullah (2008) menambahkan beberapa kebaikan dari metode demonstrasi yaitu:
a.    Dengan keterlinatan siswa secara aktif terhadap jalannya suatu proses tertentu melalui pengamatan dan percobaan, siswa mendapatkan pengalaman praktis, yang biayanya bersifat tahan lama.
b.    Menghindarkan pengajaran yang bersifat verbalisme, dimana siswa tidak bisa memahami dan mengerti apa yang diucapkan (pandai mengucapkan tapi tidak mengerti maksudnya).
      2)      Kelemahan Metode Demostrasi
Ahmadi (1997:166) mengemukakan beberapa kelemahan-kelemahan metode demonstrasi sebagai berikut:
a.    Untuk mengadakan demonstrasi diperlukan alat-alat yang khusus. Kadang-kadang alat itu sukar didapat.
b.    Dalam mengadakan pengamatan terhadap hal-hal yang didemonstrasikan diperlukan pemusatan perhatian.
c.    Tidak semua hal dapt didemonstrasikan didalam kelas.
d.    Memerlukan banyak waktu, sedangkan hasilnya kadang-kadang sangat minim.
e.    Kadang-kadang proses yang didemonstrasikan di dalam kelas akan berbeda jika proses itu didemonstrasikan dalam situasi nyata/sebenarnya.
Syaifullah (2008) menambahkan beberapa kelemahan dari metode demonstrasi yaitu:
     a.    Demonstrasi dalam pelaksanaannya banyak menyita biaya dan tenaga yang tidak sedikit (jika memakai alat-alat yang mahal).
     b.    Demonstrasi akan menjadi tidak efektif jika siswa tidak turut aktif dan suasana gaduh.
2) METODE TANYA JAWAB
     Kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab
a. Kelebihan dari metode tanya jawab ini antara lain :
1) Dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa terhadap pelajaran.
2) Mengetahui kedudukan atau kualitas siswa dalam belajar di kelas.
3) Dapat merangsang siswa menggunakan daya pikir dan nalarnya.
4) Menimbulkan keberanian dalam mengemukakan jawaban.
b. Sedangkan kekurangan dari metode tanya jawab ini antara lain :
1) Pada kelas yang jumlah siswa nya besar pertanyaan dapat disebarkan ke seluruh siswa sehingga siswa tidak memiliki kesempatan yang sama untuk menjawab ataupun bertanya.
2) Siswa yang tidak aktiftidak memperhatikan, bahkan tidak terlibat.
3) Sering guru tidak memiliki ketrampilan bertanya yang memadai sehingga tujuan pelajaran tidak tercapai.
4) Menimbulkan rasa rendah diri pada siswa  yang tidak memiliki keberanian menjawab atau bertanya.
5) Dapat membuang-buang waktu bila siswa tidak responsif terhadap pertanyaan.
3) METODE PERUMPAMAAN
Kekurangan dan kelebihan
1.       Kelebihan.
Kelebihan metode perumpamaan antara lain:
-          Memudahkan memahami suatu konsep yang abstrak. Hal ini dimungkinkan karena perumpamaan mengambil benda sebagai contoh konkrit dalam al-Qur’an.
Hal ini diungkapkan oleh Syaikh Muhammad Abduh sebagai berikut:
“Penggunaan kata dharb dimaksudkan untuk mempengaruhi dan
membangkitkan kesan, seakan-akan sipembuat perumpamaan
menyentik telinga pendengar dengannya,sehingga pengaruh sentuhan
itu meresap menembus qalbunya sampai kedalam lubuk jiwanya”.
Pemilihan musyabbah bih (yang diserupakan dengannya) amat besar
Pengaruhnya terhadap pembangkitan kesan dan pesan yang diharapkan.
Pemilihan perumpamaan laba-laba, umpamanya, dapat menimbulkan rasa
jijik dan hina terhadap orang-orang musyrik,serta mengungkapkan kelehan
akal dan kehinaan pikiran mereka. Begitu juga Pemilihan keledai untuk diibaratkan pada orang yang membaca kitab Allah, tetapi tidak
mengamalkannya, sebagaimana firman Allah SWT ini:
“perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepada mereka kitab
Taurat, namun mereka tidak memikulnya (mereka dibebani untuk
mengamalkannya, tetapi tidqak mengamlkannya apa yang ada di
dalamnya) adalah bagaikan keledai yang membawa kitab-kitab yang
tebal. Amatlah buruknya perumpamaan kaum yang mendustakan ayatayat
Allah itu. Dan Allah tidak memberi perunjuk kepada kaum yang
dholim”. (Q.S.62 Al-jum’ah: 5)
-          Melatih anak didik untuk terbiasa berpikir analogis melalui penyebutan premis-premis.
-          Mengembangkan aspek emosional dan mental anak didik.
-          Menggerakkan perasaan, menghidupkan naluri yang selanjutnya menggugah
kehendak dan mendorongnya untuk melakukan amal yang baik dan
menjauhi segala kemungkaran.
2.       Kekurangan.
Ada beberapa masalah yang ditemui pada masa sekarang berkaitan dengan metode tamsil atau metode perumpamaan, yakni :
-          Guru enggan menggunakan metode ini karena metode ini dapat menghabiskan energi karena bentuknya seperti cerita.
-          Pengunaan metode tamsil dianggap metode yang mudah, jadi ketika penyampaiannya guru menyampaikan dengan asal-asalan. Contohnya seperti : Ketika pelajaran akhlak, didalam kelas sangat gaduh, segala nasihat dan peringatan sudah dilakukan, namun tidak kunjung tenang sehingga guru itu bingung dan guru itu menfokuskan siswa dengan memberi cerita yang berupa perumpamaan, “Anak-anak, sebuah piano akan memunculkan suara, namun ketika piano itu terkunci, ternyata masih utuh keluar suaranya, berarti bisa dikatakan piano itu rusak atau ada yang perlu diperbaiki, apabila kalian sudah diperingatkan namun masih utuh gaduh dalam kelas itu berarti perlu ada tukang servis”.
4) METODE PEMBIASAAN
Kelebihan dan Kelemahan Metode Pembiasaan
Setiap metode pembelajaran tidak ada yang lebih sempurna dibandingkan dengan metode yang lainnya. Tiap metode tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Satu metode dengan metode yang lainnya bersifat saling melengkapi. Dengan demikian seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajarannya dianjurkan untuk tidak hanya menggunakan satu metode saja.
Di antara kelebihan dan kelemahan metode pembiasaan adalah sebagai berikut (Armai Arief, 2002: 115-116):
a.       Kelebihan
1.      Dapat menghemat tenaga dan waktu dengan baik.
1.  Pembiasaan tidak hanya berkaitan dengan aspek lahiriah tetapi juga berhubungan dengan aspek bathiniyah.
2.  Pembiasaan dalam sejarah tercatat sebagai metode yang paling berhasil dalam pembentukan kepribadian anak didik.
b.       Kelemahan
1.      Membutuhkan tenaga pendidik yang benar-benar dapat dijadikan sebagai contoh tauladan didalam menanamkan sebuah nilai kepada  anak didik. Oleh karena itu pendidik yang dibutuhkan dalam mengaplikasikan pendekatan ini adalah pendidik pilihan yang mampu menyelaraskan antara perkataan dan perbuatan, sehingga tidak ada kesan bahwa pendidik hanya mampu memberikan nilai-nilai tetapi tidak mampu mengamalkan nilai yang disampaikannya terhadap anak didik.
1.  Metode pembiasaan tidak mendidik siswa untuk  menyadari dengan analisis apa yang dilakukannya. Kelakuannya berlaku secara otomatis tanpa ia mengetahui baik buruknya sehingga mereka belum tahu kebiasaan mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu orang tua harus selalu mengawasi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh anaknya dan memberikan pengetahuan tentang kebiasaan yang baik terhadap tingkah laku, perkataan dan sikap (Ahmad Tafsir, 2005: 114).
5) METODE CERAMAH
1. Kelebihan metode ceramah
a)     Merupakan metode yang murah dan mudah.
b)     Dapat menyajikan materi pelajaran yang luas.
c)     Dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan.
d)     Guru dapat mengontrol keaadan kelas, karena kelas merupakan tanggung jawab guru yang memberikan ceramah.
2      Kelemahan metode ceramah
a)     Materi yang dapat dikuasai oleh siswa terbatas pada apa yang dikuasai oleh guru.
b)     Guru yang kurang mermiliki kemampuan bertutur yang baik, ceramah sering dianggap sebagai metode yang membosankan.
c)     Melalui ceramah, sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa mengerti apa yang dijelaskan apa belum
6) METODE DISKUSI
1)     Kelebihan
a)     Metode ini dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan dan ide-ide.
b)     Melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan.
c)     Melatih siswa untuk mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal serta dapat menghargai pendapat orang lain
2)     Kelemahan
a)     Memerlukan waktu yang cukup panjang tidak sesuai dengan yang direncanakan.
b)     Kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas, sehinga kesimpulan menjadi kabur.
c)     Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi yang dikuasai oleh 2 atau 3 orang siswa yang memiliki ketrampilan berbicara berbeda.
d)     Terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol, akibatnya ada pihak yang merasa tersinggung, sehingga dapat mengganggu iklim pembelajaran
                                
                                 7) METODE MAU’IDZAH
Dalam penggunaan metode, pasti ada kelebihan dan kelemahannya adapun kelebihan dan kelemahan metode mauizah antara lain:
1.      Kelebihan:
a)     Dalam waktu yang singkat guru agama dapat menyampaikan bahan yang sebanyak-banyaknya.
b)     Organisasi kelas lebih sederhana tidak perlu mengadakan pengelompokan murid.
c)     Guru agama dapat menguasai seluruh kelas dengan mudah, walupun jumlah murid banyak.
d)     Jika guru agama sebagai penasehat berhasil dengan baik, maka dapat menimbulkan semangat bagi peserta didik untuk aktif,
e)      Fleksibel, dalam arti bahwa jika waktu sedikit bahan dapat dipersingkat, diambil yang penting-penting saja, jika terdapat waktu longgar bisa disampaikan secara detail.
2.      Kelemahannya
a)     Terkadang guru sulit untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap bahan materi yang diberikan
b)     Karena metode disampaikan secara lisan terkadang guru juga merasa lesu harus berbicara terus dalam menjelaskannya.
c)     Bila guru tidak terlalu memperhatikan psikologis anak didik, maka bisa terjadi pemahaman yang kabur
d)     Jika guru tidak merencanakan materi yang akan disampaikan, terkadang guru bisa melantur-lantur dan membosankan.





    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar